Mahasiswa KKN Tematik Covid-19 Sosialisasikan Pencegahan Covid-19

Aceh Besar –Mahasiswi Universitas Syiah Kuala (Unsiyah) yang tergabung dalam KKN Tematik Covid-19 kelompok 208 melakukan sosialisasi pencegahan covid-19. Salah satu sosialisasi yang mereka berikan adalah cara mencuci tangan yang baik dan benar sesuai standar WHO. Sosialisasi ini ditujukan kepada masyarakat Desa di gampong Lambheu, kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar (29/5). Tujuan dari kegiatan ini agar masyarakat tau pentingnya mencuci tangan dengan benar dan bagaimana dampaknya jika tidak mencuci tangan dengan benar.

Pandemi covid-19 menyebabkan KKN Tematik kali ini dilaksanakan secara individu di desa masing-masing dengan tetap mematuhi SOP covid-19. Hal yang paling umum dilakukan di KKN Tematik Covid-19 ini adalah memberikan edukasi dan demostrasi seputar covid-19 kepada masyarakat sekitar. Sesuai dengan aturan covid-19 yaitu dirumah saja, maka mahasiswa KKN melakukan penyuluhan dengan mengunjungi rumah-rumah warga.

Sebelumnya kelompok 208 telah melakukan penyuluhan pencegahan Covid-19 dengan cara menempelkan poster informasi Covid-19 di sekitar meunasah. Kelompok 208 juga memberikan edukasi dan demonstarsi pencegahan covid-19 secara offline untuk kalangan anak-anak dan lansia. Tak hanya itu, edukasi dan demontrasi secara online juga mereka dilakukan melalui media sosial.

Untuk program selanjutnya, mahasiswa KKN kelompok 208 juga akan melakukan penyuluhan cara membuat hand sanitizer alami yang berasal dari daun sirih dan dibagikan kepada masayarakat sekitar. Program ini diharapkan dapat mendorong masyarakat agar lebih produktif dan mampu memanfaatkan sumberdaya yang dimiliki untuk kepentingan bersama.

Semua program yang dilakukan tersebut dibimbing oleh Dr. Nat. Tech. Syafruddin, S,P,M.P selaku dosen pembimbing lapangan. Kegiatan KKN Tematik Covid-19 ini berlangsung selama 60 hari terhitung sejak 15 Mei 2020 sampai 20 Juni 2020.