Profil Profesional Mandiri

Profil Profesi Mandiri (PPM)/ Program Educational Objectives (PEO) Program Studi Teknik Industri Universitas Syiah Kuala adalah menyelesaikan studi (lulus) selama minimal dua-tiga tahun, lulusan diharapkan memiliki hal-hal berikut dalam awal kariernya.

  1. Menguasai dasar-dasar ilmiah dan ketrampilan dalam bidang teknik industri sehingga mampu merancang, mengoperasikan, memperbaiki sistem industri berdasarkan pendekatan sistem yang terintegrasi untuk menciptakan atau meningkatkan daya saing.

  2. Mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan keteknik-industrian secara professional dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat dengan sikap dan perilaku yang sesuai dengan tata kehidupan universal.

  3. Mampu bersikap dan berperilaku dalam membawakan diri berkarya di bidang keahlian teknik industri maupun dalam berkehidupan bersama di masyarakat.

  4. Mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini dalam bidang teknik industri.

Profil LulusanDeskripsi
Perancang Sistem Terintegrasi (manusia, material, informasi, peralatan dan energy)Di dalam suatu tim baik menjadi anggota maupun pemimpin pada manajemen tingkat awal, mampu dan efektif menggunakan menggunakan pengetahuan dan ketrampilan dalam disiplin teknik industri untuk melakukan perancangan maupun perbaikan sistem terintegrasi untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas keluaran sistem terintegrasi tersebut
Perencana dan Pengendali Sistem Terintegrasi (manusia, material, informasi, peralatan dan energy)Di dalam suatu tim baik menjadi anggota maupun pemimpin pada manajemen tingkat awal, mampu menggunakan pengetahuan dan ketrampilan dalam disiplin teknik industri untuk merencanakan, mengorganisir, melaksanakan, mengendalikan dan mengevaluasi sistem terintegrasi
Koordinator (produksi, Supply Chain, Inventori, SDM, dll)Di dalam suatu tim pada manajemen tingkat awal, mampu mengidentifikasi, memformulasi, menemukan alternatife solusi dan menyelesaikan permasalahan yang terjadi dalam suatu sistem terintegrasi dengan menggunakan pengetahuan dan ketrampilan dalam disiplin teknik industri.
Asisten PenelitiIndividu yang mampu bekerja untuk membantu tim peneliti dalam melakukan aktivitas riset yang mencakup identifikasi, formulasi, analisis, interpretasi data dan sintesa informasi dari masalah rekayasa komplek pada sistem terintegrasi untuk memberikan suatu solusi.
TechnopreneurIndividu yang mempunyai kemampuan kreatif, inovatif dan mampu menerapkan bidang keahliannya untuk menghasilkan rancangan usaha yang berorientasi pasar dengan memanfaatkan IPTEKS untuk menghasilkan suatu usaha.
KonsultanTerampil menerapkan pengetahuan dan ketrampilan dalam disiplin teknik industri dalam menjalankan praktik profesi untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi dalam suatu sistem terintegrasi dan mendesain solusi sistem yang lebih baik untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas keluaran sistem terintegrasi tersebut.